1. Bacaan ini tentang apa ? Jelaskan !
Bacaan ini berkaitan tentang Human Development Index di Indonesia yang berhubungan secara langsung dengan masalah sosial yang terjadi di Indonesia seperti kebebasan, keadilan, dan kesetaraan. Oleh karena itulah dalam konteks mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan alinea ke empat pembukaan UUD 1945 serta tujuan Proklamasi 1945, HDI dipilih sebagai parameter-parameter untuk menilai sejauh mana implementasi Strategi dan Kebijakan Pemerintah. Disamping itu, HDI paling lengkap dari sisi data, baik secara provinsial maupun global sehingga analisis komparasi bisa dilakukan termasuk dengan global benchmark partners. Dengan demikian, HDI akan memberi gambaran mengenai bagaimana tujuan pembangunan yang sesuai dengan cita-cita proklamasi dan dituangkan kedalam konstitusi serta dilaksanakan oleh pemerintah secara berkesinambungan.
2. Bacaan ini tentang Pendidikan atau Pengajaran ? Jelaskan !
Karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia, maka bacaan ini jelas berkaitan tentang pendidikan sebagai parameter HDI itu sendiri. Pemerataan pendidikan dan keadilan tetap menjadi masalah utama. Hal ini terbukti bahwa setelah 67 tahun merdeka, pemerataan pendidikan dan keadilan masih menjadi masalah dan perlu mendapat perhatian dalam konteks NKRI, Negara Bangsa dan Pancasila. Adapun kelemahan dari pesatnya kemajuan di bidang pendidikan adalah sisi moral manusia itu sendiri. Banyak dari kita yang berlomba-lomba mendapatkan pendidikan yang terbaik, dan itu menjadi suatu hal sangat baik bagi Indonesia. Namun tanpa kita sadari ternyata, jika kita melihat lebih dalam kata “pendidikan”, ternyata bukan hanya sebagai penajam bagaimana kemampuan akademis kita. Seharusnya pendidikan memberikan efek yang saling melengkapi antara kemampuan akademis, moral dan sosial kita.
3. Melihat data HDI tersebut, apa masalah utama ? Jelaskan !
Masih belum meratanya kebutuhan akan pendidikan terutama bagi penduduk di daerah pedesaan, sehingga mengakibatkan kemiskinan dan pengangguran cenderung lebih banyak di desa. Pendidikan, Kemiskinan, dan Pengangguran saling berelasi. Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah tuntutan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak, adapun maksudnya, pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya. Oleh karena itulah pendidikan menduduki posisi sentral dalam pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Pembangunan dalam keterkaitannya dengan pengembangan sumberdaya manusia yang berarti bahwa pembangunan adalah tidak semata-mata pembangunan material dan fisik tetapi juga pembangunan spiritual.
4. Apakah Kemiskinan terkait dengan Pendidikan ? Jelaskan !
Ya, kemiskinan berkaitan dengan pendidikan. Ini karena untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia diperlukan pendidikan. Berubahnya kwalitas sumberdaya manusia, dan manusia merupakan salah satu modal utama pembangunan. Jadi pendidikan mengarah kedalam diri manusia sehingga menghasilkan sumberdaya tenaga atau modal yang menunjang pembangunan. Dengan demikian keberhasilan pendidikan dalam membangun kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari tingkat kemiskinan yang terjadi, semakin tinggi kualitas sumber daya manusia suatu negara maka semakin rendah pula tingkat kemiskinan yang terjadi dalam negara tersebut.
5. Apa peran Pendidikan untuk mengentaskan Kemiskinan ? Jelaskan !
Pendidikan adalah alat untuk perkembangan ekonomi dan bukan sekedar pertumbuhan ekonomi. Pada praksis manajemen pendidikan modern, salah satu fungsi pendidikan adalah fungsi teknis-ekonomis baik pada tataran individual hingga tataran global. Fungsi teknis-ekonomis merujuk pada kontribusi pendidikan untuk perkembangan ekonomi. Misalnya pendidikan dapat membantu siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk hidup dan berkompetisi dalam ekonomi yang kompetitif. Secara umum terbukti bahwa semakin berpendidikan seseorang maka tingkat pendapatannya semakin baik. Hal ini dimungkinkan karena orang yang berpendidikan lebih produktif bila dibandingkan dengan yang tidak berpendidikan. Produktivitas seseorang tersebut dikarenakan dimilikinya keterampilan teknis yang diperoleh dari pendidikan.
6. Apakah HDI terkait dengan UUD ? Jelaskan !
Ya, HDI berkaitan dengan UUD. Hal ini karena Indeks Pembangunan Manusia (IPM)/ Human Development Index (HDI) dapat dijadikan sebagai parameter untuk menilai sejauh mana implementasi Strategi dan Kebijakan Pemerintah dalam konteks mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan alinea ke empat pembukaan UUD 1945 serta tujuan Proklamasi 1945. Dengan demikian, HDI akan memberi gambaran mengenai bagaimana tujuan pembangunan yang sesuai dengan cita-cita proklamasi dan dituangkan kedalam konstitusi serta dilaksanakan oleh pemerintah secara berkesinambungan.
7. Apa peran Pemerintah dalam menyelesaikan masalah utama #3 ? Jelaskan !
Pendidikan adalah merupakan investasi pembangunan. Untuk itu melalui pendidikan, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk mengentaskan kemiskinan dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia seperti membuat berbagai kebijakan-kebijakan pendidikan termasuk penerapan kurikulum baru, kebijakan tentang wajib belajar, peningkatan anggaran pendidikan minimal 20 % dari APBN atau APBD, dan kebijakan lain sebagai cerminan kesadaran pemerintah tentang pentingnya pendidikan sebagai investasi jangka panjang.
8. Apa arti bacaan ini bagi Guru ? Jelaskan !
Dengan adanya bacaan tentang Human Development Index ini, guru memperoleh gambaran tentang perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia dewasa ini. Sehingga diharapkan guru sadar tentang peranya dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itulah guru harus selalu meningkatkan professionalitasnya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sehingga guru tau bahwa dialah yang akan meng’create’ wajah masa depan pendidikan kita, seperti apa, bagaimana, dan kemana arah pendidikan di Negara kita akan dibawa. Karena guru adalah profesi, pendidik, pembimbing, serta fasilitator yang dapat memberi perubahan bagi anak didik kearah yang lebih baik dari segala dimensi, ia pula yang mampu mengembangkan beragam sisi kecerdasan dan akhlak sebagai pembentuk kepribadian peserta didik agar bisa memperoleh kehidupan yang sebaik-baiknya.
9. Dimana peran Guru dalam konteks masalah yang diangkat dalam bacaan ini ? Jelaskan !
Dalam konteks ini guru mempunyai fungsi dan peran yang sangat strategis dalam mengentaskan kemiskinan melalui pembangunan di bidang pendidikan. Peran guru tidak hanya sebatas mencerdaskan peserta didik dalam ranah keilmuan namun juga mencerdaskan dalam ranah kehidupan seperti halnya membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang siap berkompetisi dalam persaingan globalisasi tentunya.
http://asiswanto.net/?page_id=739